Gagal jadi Pegawai Negeri, Made Widnyana Tawarkan Jasa Melukis Turis di Legian

September 16, 2016 at 6:20 am Leave a comment

img_7594

I Made Widnyana melukis turis di Poolside The Jayakarta Hotel, Legian, Kuta. Karena puas, banyak turis yang memesan dibuatkan lukisan dari luar negeri, lalu hasilnya dikirim lewat pos (Foto-foto Darma Putra, Kamis, 15 September 2016).

Cita-citanya jika tamat pendidikan seni adalah menjadi pegawai negeri (PNS). Tapi, karena tak tercapai, Made Widnyana (31) akhirnya menjadi pelukis potret atau kartikatur turis di kawasan wisata seperti taman air dan hotel.

Lewat pekerjaannya melukis, Made ikut menciptakan citra pariwisata Bali yang manis. Turis yang memesan lukisannya senantiasa merasa happy.

Awalnya pelukis asal Lembeng, Sukawati, Gianyar, itu membuka stand lukis-wajah di Waterbom Park, Kuta, kini dia buka konter di Hotel Jayakarta, Legian.

“Setahun saya di Waterbom, kini lanjut di hotel ini,” ujar Made, sambil menyampaikan terima kasih atas tanggapan manejemen yang mengizinkannya menawarkan jasa lukis di halaman dekat kolam renang The Jayakarta Hotel.

Dua turis asal Perth gembira menerima lukisan karikaturnya. Mereka mengatakan pelukis dapat menangkap ekpresinya dengan tepat.

Dua turis asal Perth gembira menerima lukisan karikaturnya. Mereka mengatakan pelukis dapat menangkap ekspresinya dengan tepat.

Dengan sebidang meja kecil, dan alat lukis, Made sehari-hari asyik melukis di bawah pohon tak jauh dari kolam hotel. Tiap hari, banyak sekali turis yang memesan wajahnya dilukis, baik sendiri maupun dilukis berpasangan.

Lukisannya tampil berwarna (hitam putih sesuai permintaan turis), dikerjakan beberapa jam. “Saya ingin hasilnya yang tepat, tidak bisa bekerja cepat dalam hitungan menit, saya kerjakan agak lama,” tutur Made.

l9

Cukuplah

Untuk bisa menawarkan jasa di hotel ini, Made wajib membayar sewa setiap bulan. “Hasil dari melukis cukuplah, tak masalah,” kata Made tersenyum.

Made mengaku menerima order tiap hari cukup banyak, walau enggan menyebutkan penghasilan pastinya. “Tidak tentu, tergantung musim tamu, tapi cukuplah Pak,” tambah Made tersenyum.

Ongkos satu lembar lukisan adalah antara Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu, ukuran kertas yang dipakai adalah A-3 atau A-4 sesuai objek yang dilukis. Dalam selembar itu, bisa terdapat dua atau tiga wajah, dilukis berwarna.

I Made Widnyana melukis turis di Poolside Jayakarta Hotel, Legian, Kuta (Foto Darma Putra)

I Made Widnyana melukis turis di Poolside Jayakarta Hotel, Legian, Kuta (Foto Darma Putra)

“A3 adalah ukuran kertas favorit turis Australia. Katanya di negerinya gampang membeli frame-nya,” ujar pelukis dengan satu anak ini.

I Made Widnyana melukis turis di Poolside Jayakarta Hotel, Legian, Kuta (Foto Darma Putra)

Sudah lebih dari empat tahun Made menawarkan jasa melukis di dunia pariwisata. Mengapa jauh-jauh ke Kuta, padahal rumah di Lembeng, Sukawati? Katanya bahwa Made pernah mengaju permohonan untuk menawarkan jasa melukis di hotel-hotel di Sanur, tapi tidak ada tanggapan dari pihak hotel.

“Lebih dari 15 hotel saya hubungi, tak ada respon,” katanya. Akhirnya, Hotel Jayakarta di Legian, Kuta, yang menyambutnya.

Musim Sepi dan Ramai

Binsis jasa melukis Made di hotel tergantung musim tamu. Pesanan meningkat saat musim ramai, dan turun saat low season. “Saat musim rami, pesanan biasanya banyak, sedangkan turun saat musim sepi seperti bulan Maret-April,” tambah Made.

Pekerjaan jasa melukis ini dilakoni dengan santai, artinya tidak mesti datang setiap hari seperti pegawai negeri sipil (PNS) yang pernah dicita-citakan. “Kalau kebetulan di rumah ada kegiatan sosial atau adat, saya tak ke hotel, kecuali ada janji sama tamu,” tambahnya.

Made Widnyana

Made Widnyana dengan pengunjung domestik.

Pesan dari Luar Negeri

Para tamu banyak yang puas dengan goresan Made. Buktinya, banyak turis Australia yang memesan lukisan dari rumahnya di Australia. Fotonya dikirim lewat email, lalu dilukis, kemudian dikirim ke Australia. “Ada dari Perth, Geelong [Victoria], Sydney… dari banyak kota Pak,” kata Made tersenyum.

Pesanan itu datang biasanya karena tamu ingin membuat lukisan potret untuk hadiah ulang tahun teman atau anggota keluarganya (DAP)

Kontak Made Widnyana: HP +6285237439169; Email: madewidnyana@ymail.com

 

Entry filed under: Hello Bali. Tags: .

Penjor Galungan, Tanda Syukur serta Wujud Sujud pada Tuhan Pantai Lebih Gianyar Kini lebih Menarik untuk Wisata Kuliner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 95,964 hits
September 2016
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

%d bloggers like this: