Telah Terbit Buku “Wisata Kuliner, Atribut Baru Destinasi Ubud”

February 2, 2017 at 6:47 am Leave a comment

 img_4719

Selalu ada yang menarik di Ubud. Selain alam dan budaya yang mempesona, juga ada fenomena hadirnya warung makanan dengan menu kuliner lokal yang memukau. Buku Wisata Kuliner, Atribut Baru Destinasi Ubud (2016) karya Diah Sastri Pitanatri dan I Nyoman Darma Putra dari Program Studi Magister Kajian Pariwisata Fakultas Pariwisata Unud adalah buktinya.

Buku ini mengungkapkan lahirnya citra baru Ubud sebagai detinasi wisata kuliner. Sejak dulu Ubud dikenal sebagai tujuan wisata budaya. Citra baru sebagai wisata kuliner merupakan pengembangan atau pelengkap dari citra wisata budaya yang dikenal selama ini karena kuliner adalah bagian dari budaya juga.

Kuliner yang terkenal di Ubud adalah kuliner masakan lokal. Kehadirannya melengkapi atau berdampingan dengan kuliner internasional yang sudah terlebih dahulu ditawarkan restoran di hotel-hotel.

Buku ini diterbitkan oleh Prodi Magister Kajian Pariwisata (MKP) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana bekerja sama dengan JagatPress Denpasar.Ini adalah buku ketiga yang diterbitkan Prodi MKP dalam setahun terakhir, setelah dua sebelumnya yaitu Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali (2015) dan buku Recent Developments in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress (2015).

Bagi yang berminat, silakan menghubungi Kantor Prodi 0361229079, atau email Dayu Ari aripradnyani_82@yahoo.co.id atau WA 08123604412

Buku Wisata Kuliner, Atribut Baru Destinasi Ubud ini semula merupakan pengembangan dari tesis Diah Sastri Pitanatri yang ditulis untuk meraih gelar master di Prodi Magister Kajian Pariwisata. Prodi MKP berpandangan bahwa sudah sepantasnya tesis yang baik sebaiknya dikembangkan untuk diterbitkan menjadi buku sehingga isinya bisa dinikmati khalayak lebih luas.

Jika penerbitan tesis bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka kontribusi lembaga pendidikan tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan akan mulia adanya. Dengan demikian, civitas akademika tidak saja bisa menggunakan ilmu yang berkembang tetapi juga ikut mengembangkan ilmu yang mereka gunakan.

Tradisi Menerbitkan Buku
Prodi MKP sudah memulai langkah kecil dalam membangun tradisi menerbitkan hasil penelitian mahasiswa dan dosen ke dalam buku.

Tahun 2015, Prodi Magister Kajian Pariwisata menerbitkan dua buku, yaitu buku Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali (2015) dan buku Recent Developments in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress (2015).

img_2924

Buku Pariwisata Berbasis Masyarakat Model Bali yang disunting oleh I Nyoman Darma Putra berisi kumpulan artikel hasil penelitian mahasiswa dan dosen Universitas Udayana mengenai pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism) di Bali. Buku ini mendapat sambutan luas, dipesan, dan dijadikan koleksi perpustakaan lembaga pendidikan tinggi pariwisata di Indonesia dan perpustakaan-perpustakaan di luar negeri termasuk Library of Congress.

Buku Recent Developments in Bali Tourism: Culture, Heritage, and Landscape in an Open Fortress yang disunting bersama oleh I Nyoman Darma Putra dan Siobhan Campbell berisi kumpulan artikel hasil penelitian para sarjana internasional (Australia, Perancis, Inggris, Indonesia, Jepang, dan Jerman) yang menulis tentang pariwisata Bali.
Tulisan mereka semula tersebar di berbagai jurnal internasonal, yang penting diketahui mahasiswa dan dosen tetapi tidak mudah diakses. Penerbitan artikel dalam buku ini membuka akses lebih mudah bagi mahasiswa pariwisata yang memerlukannya.

Untuk kenang-kenangan

Prodi MKP menjadikan buku terbitannya sebagai suvenir. Seperti lembaga lain, Prodi MKP pun kerap bertamu atau menerima tamu dari berbagai peneliti dalam dan luar negeri, maka terasa mulia memberikan suvenir buku sebagai kenang-kenangan. Atau, kalau Prodi MKP atau mahasiswa berkunjung ke luar, Prodi MKP menghaturkan buku sebagai tanda mata.

Sekecil apa pun mungkin manfaatnya bagi pengayaan pustaka ilmu pariwisata, kami dari Prodi Studi Magister Kajian Pariwisata akan terus berusaha membangun tradisi menerbitkan tesis atau hasil penelitian dosen dan mahasiswa menjadi buku seperti yang sudah kami rintis belakangan ini.

Denpasar, 15 Desember 2016
Prodi Magister Kajian Pariwisata

(sumber: http://tourism.pps.unud.ac.id/ )

Advertisements

Entry filed under: Hello Bali.

Menonton Film di Malam ‘Old and New’, Gaya Sambut Tahun Baru di Denpasar Tempo Doeloe Wow, Ada Legong di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Ngurah Rai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 110,231 hits
February 2017
M T W T F S S
« Dec   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728  

%d bloggers like this: